Selasa, 19 Maret 2013

Saya capek. Saya lelah. Saya suntuk.



―Seperti tubuh, hati dan otak juga punya titik lelah.

TPM 1 Kota Yogyakarta. Try Out  UASBN. Ujian Tengah Semester 2. Ujian Praktek. TPM 2 Kota Yogyakarta. TPM 1 Provinsi DIY. USBN. Ujian Sekolah. TPM 2 Provinsi DIY. UN.

Membaca jadwal di atas saja sudah membuat saya capek. Sebelumnya saya tidak pernah mengalami yang seperti ini. Saya rasa waktu kelas 6 SD, ujian yang saya hadapi tidak beruntun seperti sekarang ini. Memang saya sudah tidak ingat jadwal ujian yang dulu. Tapi saya masih bisa ingat kalau tubuh, hati, dan pikiran saya disiksa seperti ini.

Rasanya sulit benar mencari waktu luang pada akhir-akhir ini. Jadwal ujian yang beruntun tentu membuat saya harus belajar terus menerus. Saya tahu, seharusnya saya tidak kebanyakan mengeluh karena belajar sudah menjadi kewajiban saya. Tapi entah mengapa saya merasa tertekan dan tersiksa. Ujian-ujian yang telah terjadwal serasa menghantui setiap sudut pikiran saya. Materi-materi yang ternyata belum saya kuasai seperti mengejar-ngejar saya bak selaksa polisi mengejar satu maling.

Pada dasarnya saya suka belajar. Ada rasa cinta ilmu yang sudah larut pada setiap tetes darah saya. Meski demikian, saya tetap tidak bisa dan tidak minat belajar saat saya capek. Saya tidak bisa menguasai materi ketika mata saya kekurangan cairan. Saya tidak bisa memelototi dan memasukkan rumus ke otak ketika saya mengantuk.

Saya lelah. Saya suntuk. Sungguh. Saya ingin istirahat. Sementara di depan saya ada setumpuk tanggungjawab yang harus diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar